Posted in Review, Travel, Visa

(Pusingnya) Mengurus Visa UK-Inggris Kunjungan (Sekeluarga) Bagian II

Lanjutan dari bagian I.

Sambil menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, bisa dimulai pembuatan akun untuk mendaftar visa Inggris di visa4uk.fco.gov.uk.

Untuk apply visa sekeluarga, hanya perlu satu akun. Akun tersebut dapat digunakan untuk mendaftarkan anggota keluarga lain ataupun orang lain. Setelah akun dibuat, log in, nanti ada pilihannya ‘apply for myself’ dan ‘apply for someone else’. Pilih yang ‘apply for myself’ untuk daftar diri sendiri, pilih yang kedua untuk mendaftarkan orang lain.

Visa Inggris memiliki kategori-kategori pertanyaan yang jauh lebih banyak dibanding visa Schengen. Perlu kesabaran dan ketelitian waktu ngisinya. Saya menyiapkan dan mengisi seluruh aplikasi online sendiri untuk saya, ayah, suami, dan anak.

Tidak perlu terburu-buru karena jawaban yang telah kita masukan bisa disimpan dan dilanjutkan lagi di lain waktu. Jawaban pun masih bisa diubah atau dihapus selama kita belum menekan pilihan ‘submit application’.

Bagian tersulit adalah diperhitungan ‘income dan expenses’. Baiknya sediakan kalkulator supaya angka yang dimasukan tepat dan logis. Selain itu, kita juga diminta memasukan angka ke dalam GBP untuk pengeluaran dan pemasukan. Misal gaji sebulan 10 juta, kita diminta untuk mengkonversi angka tersebut ke dalam GBP. Meskipun kurs berubah-ubah, saya pakai kurs tetap yang ngga terlalu tinggi dan terlalu rendah. Waktu isi saya pakai dan asumsikan kurs 1 GBP =Rp 16.500,00.

Bagian lainnya ngga ada yang terlalu sulit, hanya perlu kesabaran. Saya memeriksa satu persatu aplikasi masing-masing sampai berkali-kali, dan selalu menemukan kesalahan. Ada aja yang salah. Tanggal lahir anak pake tangga lahir saya, nama depannya anak pake nama depan saya, nomor paspor anak pake nomer paspor suami, dan masih banyak lagi. Mungkin karena siwer juga ngisi semua kolom untuk empat aplikasi. Bahkan sebelum ‘submit application’ pun, masih saya ulang lagi baca satu persatu.

Tidak seperti visa Schengen yang pembayarannya tunai di loket pada saat kita datang, visa Inggris pembayarannya online dengan kartu kredit berlogo Visa/Mastercard. Harganya pun berbeda-beda tergantung visa yang kita apply.

Saya memilih tipe visa short stay- 6months- single entry harganya USD 110. Umumnya orang memilih visa multiple entry, tapi karena kami ngga berencana kemana-mana, jadi pilih yang single entry aja. Sayang juga bayar lebih lagi, hanya berlaku enam bulan, kalo memang dikabulkan.

Satu hal yang agak buat saya sedih, Langit pun bayarnya sama. Beda sekali sama yang visa Schengen yang GRATIS untuk anak di bawah enam tahun.

Selesai dengan pembayaran, kita bisa pilih waktu penyerahan dokumen. Ada tanggal dan jam yang bisa kita pilih. Setelah itu, nanti kita akan terima email konfirmasi mengenai pembayaran dan waktu perjanjian.

Setelah semuanya sudah lengkap, tinggal diprint aplikasi dan bukti perjanjiannya. Untuk visa Schengen, satu aplikasi hanya berjumlah sekitar lima (5) lembar. Sedangkan visa UK, satu aplikasi berjumlah tiga belas (13) lembar.

Hari H penyerahan dokumen, Alhamdulillah, semua lancar dan cepat. Kami pilih di hari Jumat jam 9 pagi. Kebetulan kosong banget. Waktu masih dicek dokumen, sudah dipanggil ke counter. Prosesnya juga cepat. Petugas VFSnya pun cukup kooperatif dengan saya yang bawa anak kecil.

Oya, tidak seperti Schengen yang aplikasi satu keluarga itu bisa jadi satu bundelan yang diperiksa di satu loket bersamaan, untuk visa Inggris, satu aplikasi tetap satu loket. Bahkan punya Langit pun diperiksa di loket sendiri. Jadi, kemarin kami dapat empat nomer antrian untuk empat loket yang berbeda.

Setelah selesai dengan pengecekan dokumen di loket, kita harus menunggu untuk dipanggil ke ruang biometric untuk pengambilan sidik jari dan foto. Setelah itu selesai.

Bersyukur sekali waktu kami datang antrian cukup sepi, karena Langit susah sekali untuk difoto. Nangis keras udah kaya mau disuntik. Padahal cuma disuruh duduk buat foto. Kami sampai keluar dua kali supaya orang lain ngga nunggu lama. Akhirnya foto Langit bisa diambil dengan cara digendong di atas pundak papanya, dimana papanya dalam keadaan setengah jongkok. Sedangkan saya, dibantu oleh satu petugas lain, berdiri di depan sebelah kamera sambil mengacungkan mainan-mainan supaya dia liat ke kamera. Leganya bukan main waktu petugasnya bilang sudah dapat foto yang bisa diambil.

Visa Inggris ini jenis-jenis biayanya detil banget. Pas pembayaran jangan sampai salah pilih jenis visa yang kita mau, karena harganya juga beda. Ngga cuma jenis visa, layanannya pun juga banyak sekali.

Misal, ayah saya sudah bayar online permohonan standar USD 110. Karena akan pergi ke negara lain dalam berapa minggu, akhirnya pake layanan prioritas dan tambah bayar 2,6 juta. Jadi, kalo untuk visa standar yang selesai dalam 15 jari kerja seperti saya dikenakan biaya Rp 1.430.000, untuk ayah saya yang dijanjikan selesai dalam 3-5 hari kerja, harga visanya tambah lagi sekitar 2,5 juta. Jadi total biaya untuk visa UK prioritas sekitar 4 juta.

Selain layanan prioritas, juga ada layanan premium lounge. Jika menggunakan layanan ini, ada ruang khusus sendiri, ga perlu antri loket, juga tersedia sofa yang empuk dan makanan ringan. Kalo berkenan membayar lagi tambahan 1 juta, bisa dipilih layanan ini.

Selain layanan prioritas dan premium lounge, ad juga layanan late appointment. Jadi bisa masukin berkas di luar jam kerja. Saya lupa jamnya. Kalo ngga salah antara jam 17.00-19.00 atau 18.00-20.00. Biayanya juga kurang tau. Ini pasti akan sangat membantu kalo ada yang perlu buru-buru.

Paspor ayah saya sudah dapat diambil dalam tiga hari kerja setelah penyerahan berkas, berikut cap visa UK di halaman paspornya. Benar-benar 3 hari kerja lho. Masuk hari Jumat, Rabu sudah bisa diambil. Selasa malam sudah dapat notifikasinya. Tapi, ya memang ada harga yang cukup tinggi bukan?Sedangkan tiga paspor lainnya masih harus menunggu lebih lama lagi.

Tapi, ternyata ngga selama yang diperkirakan. 7 (tujuh) hari kerja setelah berkas masuk, (weekend tidak termasuk), email yang ditunggu pun masuk. Visa dinyatakan sudah selesai diproses dan sudah dapat diambil di VFS Global.

Hasilnya? Alhamdulillah, waktu paspornya dibuka visa uk MULTIPLE ENTRY untuk 180 hari ada di dua halaman setelah visa Schengen. Entah kenapa dikasih multiple sedangkan saya hanya piloh dan bayar untuk single entry. Seinget saya ada perbedaan beberapa dolar kalo kita pilih single dan multiple. Tapi ya sudah, Alhamdulillah juga, hehe.

Setelah dua kali mengurus dua visa eropa sendiri, menurut saya kemungkinan visa ditolak itu cukup kecil seharusnya JIKA dokumen-dokumen kita cukup jelas. Jelas pulang pergi, nginep dimana dan berapa hari. Jelas bukti keuangannya, meskipun statusnya bukan karyawan tetap. Dua kali apply untuk visa UK dan Schengen, saya ngga melampirkan slip gaji sama sekali.

Menurut saya, punya tabungan khusus yang jumlahnya cukup memadai membantu juga. Memadai disini cukup untuk biaya hidup selama liburan di negara yang akan kita apply visanya (disesuaikan juga dengan banyaknya anggota keluarga yang ikut).

Dua kali apply visa eropa, saya pakai tabungan dana darurat saya, yang alirannya lebih banyak masuk dan sedikit keluar. Aliran keluar masuk uangnya tetap terlihat wajar tiap bulan. Jadi, ketika akan apply visa, ngga terlalu repot harus pinjem dana dengan jumlah besar.

Lepas dari segala keribetan dan kerepotan (juga kemahalannya), saya ngga (akan) kapok kayanya kalo harus mengurus segala dokumen selama masih bisa diberikan kelapangan rejeki, umur, dan sehat buat jalan-jalan.

Saya selalu percaya, uang dan waktu yang dihabiskan dengan senang hati dan buat hati senang manfaatnya akan lebih besar dari apa yang dikeluarkan. Semoga ya.

Selamat pusing sebelum liburan!

Review lain tentang UK trip

Malindo Air&Qatar Airways Flights (with a toddler) to London

Virgin Trains to Manchester and Liverpool

Airport Transfer Ramah Koper (Paris, London, Tokyo)

(Frustasinya) Mengurus Visa UK Tier 5 Government Exchange (PBS Partner+Child)

Author:

Pas special, J'ai seulement besoin de beaucoup de privee

33 thoughts on “(Pusingnya) Mengurus Visa UK-Inggris Kunjungan (Sekeluarga) Bagian II

  1. Hi mbak. Salam kenal 🙂
    Tulisannya sangat bermanfaat.

    Oh iya mau nanya dong, itu bagian income and expensesnya apa harus dibagi2 per aplicant ya? Soalnya klo gak diisi dianggap formnya belum lengkap. Misal untuk anak usia 2 tahun, apakah bagian transportasi, akomodasi dan living cost tetap diisi juga biayanya? (Dalam hal ini suami adalah satu2nya yang menanggung seluruh biaya selama liburan nanti)

    Terimakasih sebelumnya 😀

    1. Halo, salam kenal juga. Kalo yang buat anak-anak incomenya waktu itu saya isi 0 semua. Expensenya untuk yang akomodasi dsb saya isi sama seperti yang dewasa.

      Iya memang harus ada angkanya, jadi ditaro 0 aja waktu itu.

      Income dan expensenya waktu itu ngga saya bagi sesuai aplicant, tapi sesuai keadaan sebenernya aja. Jadi berhari-hari juga isinya😁

      Semoga membantun ya.

      1. Waahh terimakasih banget mbak. Sedikit mengurangi kepusingan saya ini. Hehehe.

        Jadi, total biaya (yg bagian akhir) untuk anak dan istri semuanya sama ya dgn si penanggung mbak? Misal total uang yg dibawa si penanggung 60 jt (pada form si penanggung sdh hbs 40 jt buat akomodasi, transport dan living cost slm di sana buat sekeluarga) berarti buat istri dan anaknya di isi jumlah yg sama juga ya buat akomodasi, transport dan living costnya seperti pak suami sehingga akan nampak habis 40 juta juga? Atau sesuai kebutuhan saja (misal si bayi kasih angka 0 untuk akomodasi dan transport tapi kasih 5 jt buat living cost) tapi di jumlah ttotal uang yg kolom terakhir itu tetap di tulis 60 juta juga?

        Semoga mbak gak bingung dengan pertanyaanku 😅

      2. Kalo aku dlu gini :

        – transport sesuai dengan harga tiket PP per orang

        – akomodasi dibagi per orangnya kena berapa. Misal 5 malem hotel £200 untuk 4 orang. Berarti di kolom masing2 aplikasi diisi £40 untuk akomodasi (£8 per orang x 5).

        – living cost lebih fleksibel ya. Tergantung aja. Misal sehari 30 pound buat tiga orang tinggal dikali brapa hari.

        Jumlah yang akhir waktu itu aku hitung satu2 per aplikasi. Biar ngga salah. Jd sedia kalkulator juga.

        Sempet mikir juga kok knapa musti seribet ini. Tapi pernah baca emang ada yang ditolak karena bagian keuangannya ini ngga meyakinkan.

        Ini emang bagian yang paling ngebingungin ya😅

      3. Iyaaa mbak banget. Bikin pusing. Hahahaha. Ini aku juga sudah berhari-hari ngerjain bagian ini terus. Syukurnya ketemu blog mbak yang ternyata satu2nya di mesin pencari yg nulis buat visa uk sekeluarga.

        Terimakasih banyak yaaa mbak atas bantuannya 😀

      4. Sama-samaa. Ngga papa pusing dulu, nanti liburannya seneng kok😁

        Semoga lancar semua yaa, selamat liburan😊

  2. Oh ya lupa info…jenis visa yang kami ajukan “Visit – Tourism – 6 months

    Tks mbak..:

  3. Hi mbak…salam kenal..saya, istri dan 1 anak mau mengajukan visa uk. Saya mengajukan dalam 1 account aplikasi
    Untuk biaya visa yang mbak bayar, USD 110 itu untuk per orang atau untuk 3 orang termasuk anak?
    Saya sdh bayar application fee USD 138. Apakah fee ini utk 1 keluarga ya mbak?
    Mohon pencerahannya ya mbak…soalnya saya kok jadi ragu…jangan-jangan saya salah isi di form aplikasinya.
    Tks ya Mbak…

    1. Untuk keluarga memang 1 akun aplikasi ya Mas. Tapi biaya yang USD 110 itu per orang. Jadi bukan 1 akun aplikasi yang isinya 3 orang ( atau kalo saya 4 orang).

      Pembayarannya pun seinget saya dilakukan masing2 (4 kali pembayaran), karena meskipun dalam 1 akun, nomer aplikasi beda-beda. Saya juga apply yang visit tourism-6 months waktu itu.

      Semoga membantu ya.

  4. mbak mau tanya, untuk pilihan visa prioritasnya dimana ya? saya sudah sampai tahap pembayaran, tapi saya gak nemu untuk buat yg prioritas.

  5. halo, mau tanya dong, lagi ngurus visa uk. saya pakai prioritas. setelah isi aplikasi online dan deklarasi. selanjutya book appointment, tp tipe appoinment nya kok ga ada pilihan priority service ya? adanya cuman PBS tier 4 students, standard, prime time appointment dan premium lounge. padahal saya sdh bayar online priority visa yg skrg 4jutaan itu.. jd ga bs bikin appointment dan bayar fee visa..

    1. Halo. Bisa dihubungi vfsnya aja mungkin? Waktu itu ayah saya pake priority bayarnya on the spot. Jadi waktu isi aplikasi online daftar dengan standar appointment.

  6. Hai mba… rencana saya dan suami serta anak2 ( total 4 orang )mau ke Eropa dan ke UK…pertama ke Amsterdam, brussel , paris…dan ke London via paris dan pulang dr Manchester yg ingin saya tanya baiknya apply Visa mana dulu UK atau Belanda ( th 2013 saya pernah ke UK sendiri, suami pernah sekolah di Amsterdam )… karena katanya kalo visa UK dpt maka Schengen insyaa Allah dapat…trm kasih sebelumnya

    1. Kalo menurutku schengen dulu ya. Karena lebih cepet dan sedikit lembaran isiannya. Kecuali mau apply visa prioritas buat yg UK , tiga hari selesai. Saya waktu itu udah punya schengen dulu sebelum ke UK. Dan menurut saya yg lbh nentuin visa approve atau ngga kejelasan finansial, semua dokumen lengkap dan kejelasan waktu masuk dan keluarnya.

  7. Hi mba, mau nanya nih mana tau mbanya ada pengetahuan disni.
    Sya mau mengaju visa uk bulan ini untuk pergi bulan maret 2019. Tapi rencananya pakai rekening bca kakak saya (rekening kerja). Kira2 dana 50jt minim untuk 5hari disana, akan diapprove?
    Critanya sya kerja di rumah online, ga tau juga gmna cara present slip gajinya dan bukti kerjanya. Sya jualan online lalu customer payment ke rekening kerja itu yang diatas nama kakak sya. Tiap bulan sya digaji dri rek itu ditransfer ke rek sya. Apakah jelas kira2 dokumennya?
    Terima kasih banyak mba, artikelnya sangat2 membantu saya

    1. Halo. Kalo untuk Marer 2019 saya rasa belum bisa apply sekarang ya. Minimal 90 hari sebelum keberangkatan. 90 hr tepat, jd misal brangkat tgl 1 maret, hitung mundur 90 hari baru bisa keluar tanggal appointment. Kurang dr itu ngga bisa, setidaknya pas saya urus.

      Kalau seperti itu, sebaiknya tetap rekening sendiri kecuali kalo kakaknya juga akan ikut pergi. Bisa dicantumkan bahwa kakaknya adalah sponsor utama. Tapi kalo tidak, mungkin bisa buat surat keterangan yang menyatakan bahwa seluruh biaya perjalanan ditangguhg oleh kakak dengan menyertakan bukti rekening koran dan mungkin bukti2 bisnis online yg dijalankan.

      Untuk jumlahnya saya rasa selama sesuai dengan itinerary dan lamanya tinggal di sana ngga terlalu masalah.

  8. Hai mba.. salam kenal. Beruntung sy menemukan blog mba. Sangat informatif. Bagian income dan expense memang bikin puyeng .., dan pertanyaan mba Ainun Jafar sama persis seperti yang ingin aku tanya ( aku jg sedang mengurus visa UK untuk satu keluarga). Terima kasih atas pencerahannya. Boleh nanya lagi ya mba .. di bagian Biaya pengeluaran setiap bulan ( misalnya biaya pengeluaran kami sebesar 10juta/ bulan) . Di form suami aku isi 10juta, apakah di form aku dan anak juga masing2 diisi 10jt ?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Halo, Mbak. Seinget saya itu yg diisi 10juta/bulan (contoh) itu sponsor utama tripnya. Karena kan di masing2 aplikasi ada pendapatan dan pengeluaran ya. Kalo anak2 jelas belum ada. Jadi waktu itu di form anak, saya isi 0 semua. Karena saya bekerja, saya isi pendapatan saya dan pengeluaran yg sesuai. Jadi waktu itu saya isi sesuai keadaan masing-masing. Semoga membantu ya.

  9. Halo mba..salam kenal, saya mau bertanya misalkan yang akan pergi adalah orgtua,saya dan kedua anak saya (posisi sya adalah irt) apakah lebih baik daftar disatukan dengan ayah sy sebagai penjamin atau saya pisahkan daftarnya dan suami jd penjamin untuk sy dan 2 anak?atau apakah bisa saya tetap ikut ayah sya sebagai penjamin tapi rekening suami,slip gaji dan keterangan kerja disertakan?terima kasih

    1. Halo. Kasus saya waktu itu mirip seperti Mbak. Kebetulan saya sekeluarga (suami dan 1 anak) pergi dengan ayah saya dimana ayah saya yg ‘ditulis’ menjadi sponsor utama perjalanan,(dituliskan di tujuan perjalanan beliau akan mengunjungi anaknya yg sedang s2). Jadi di setiap form memang saya tulis ayah saya sponsor utama. Tapi, saya juga melampirkan bukti keuangan keluarga sendiri untuk memperkuat. Bukti keuangan ayah ada di setiap aplikasi. Sedangkan bukti keuangan keluarga saya hanya ada di aplikasi saya, suami, dan anak, termasuk semua surat keterangan kerja. Saya tidak melampirkan slip gaji baik saya maupun suami buat visa UK.

      1. Berarti saat dftar gabung sama ayah saya saja ya sama seperti mba..terimakasih mba infonya membantu sekali.. satu lagi mba,bukti keuangannya dari keduanya (mba dan suami)..atau hanya dr salah satu?sya sdh siapkan rek koran dan surat referensi bank dri tabungan saya krn posisi kan suami saya tidak ikut ya..apakah masih diperlukan punya suami? (Posisi ayah saya sdh pensiun dan sy irt) karena saya dengar UK agak susah bawa balita jika tidak kedua orgtua ikut..

      2. Bukti rekening koran punya mbak ngga apa2 dilampirkan juga. Untuk punya suami saya rasa ngga perlu karena sponsor utama juga ayahnya kan ya. Untuk pensiun jika ada sebaiknya melampirkan juga surat keterangan pensiunnya dan translasinya ya. Untuk anak karena suami ngga ikut di form anaknya di bagian akhir jangan lupa tetap ditandatangani ayahnya ya. Semoga membantu dan lancar pengurusan visanya.

  10. Hallo ka, mau bertanya untuk anak 6 tahun kebawa itu kan masih tanggungan keluarga, apakah apply formnya tetep pake yg visitor visa atau ada harus form lain untuk anak2? mohon bantuannya

    1. Halo! Apply formnya tetap pakai visitor visa ya. Formnya berdasarkan tujuan kunjungan, bukan jenis pelamar visa. Jadi seperti form yang dipakai buat orang dewasa. Semoga membantu.

  11. Halooo, Mba. Selamat pagi. Saya ingin bertanya, kok saya tidak bisa memasukkan pengeluaran 0 ya untuk selain sponsor? Terimakasih sebelumnya

    1. Halo! Seinget saya waktu itu yg pengeluaran 0 hanya di anak. Atau mungkin kalo memang ngga bisa 0, dicoba masukan angka yg wajar. Semoga membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s