Posted in Review, Travel, Visa

Mengurus Visa Jepang 2018 Single Entry di VFS JVAC

Setelah mengurus visa Schengen di TLS Contact tahun 2016, mengurus visa UK di VFS Kuningan City tahun 2017, tahun 2018 ini alhamdulillah dapet pengalaman baru lagi buat mengurus visa Jepang, kali ini di VFS Lotte Avenue.

Kalo dibandingin dengan dua visa sebelumnya, visa Jepang ini jadi keliatan gampang banget (beuh,sombongg). Formulir isian cuma dua lembar, kelengkapan dokumen ngga ribet, bikin perjanjian ngga perlu jauh-jauh hari, sampe saya sedikit lengah juga. Bikin bank statement dan ‘ngisi’ rekeningnya juga agak mepet.

Buat yang belum tau, mengurus visa jepang sekarang bukan lagi di keduataan besar Jepang di jalan Thamrin. Sejak 15 September 2017, pengurusan visa Jepang dilakukan melalui agen VFS Japan Visa Application Centre (JVAC) di Lotte Avenue Kuningan lantai 4. Buat saya ini nilai plus banget. Lebih deket dan lebih ngga ribet.

Dokumen yang diperlukan kurang lebih sama dengan visa lainnya. Untuk visa single entry bisa disiapkan :

  1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan (bahkan mereka TIDAK minta fotokopinya!)
  2. Formulir aplikasi visa single entry (bisa diunduh dari website VFS)
  3. Bukti pemesanan tiket pulang-pergi
  4. Bukti pemesanan hotel
  5. Itinerary selama di Jepang (ada formulir khusus sendiri yang bisa diunduh)
  6. Fotokopi KTP
  7. Fotokopi Kartu Keluarga (karena kami pergi bertiga)
  8. Fotokopi akta kelahiran (kalo pergi sendiri, tapi saya sertain aja)
  9. Bukti keuangan 3 bulan terakhir yang mencantumkan nama dan nomer rekening yang bersangkutan

Gampang banget kan?😁

Ngga perlu terjemahan ini itu kaya visa UK.

Isian formulirnya pun sederhana sekali. Dua lembar yang sangat menyenangkan, hehe. Untuk perjanjian penyerahan dokumen, ada dua pilihan ; bisa dengan perjanjian atau walk-in. Saya sebelumnya ngga tau kalo bisa walk-in, tapi ternyata banyak juga yang walk-in.

Counter pengurusan visanya banyak, jadi ngga usah khawatir nunggu lama. Untuk pembayarannya, sampai saat saya ke sana hanya bisa TUNAI. Saya sempat keluar lagi buat ke ATM karena saya pikir bisa debit. Harga visanya pun ngga semahal UK dan Schengen. Kemarin saya bayar Rp 1.605.000 untuk tiga orang termasuk biaya pemberitahuan via sms Rp 30.000. Lama pemrosesan visanya menurut websitenya empat hari kerja, menurut petugasnya lima hari.

Di hari keempat saya mulai gelisah ngecek email dan sms. Hari kelima ngga ada email atau sms mulai insecure. Ternyata kita bisa cek status aplikasi kita di webnya VFS. Tinggal masukin nomer referensi yang terdapat di kertas putih untuk pengambilan paspor dan nama belakangnya. Nanti akan keluar statusnya.

Waktu saya cek, hasilnya ternyata sudah ‘ready for collection’. Saya beberapa kali cek lagi email dan sms tetep ngga ada notifikasi dari VFS JVAC.

Berhubung orangnya ngga sabaran dan penasaran, besoknya langsung nyamperin dan ternyata emang udah selesai. Di akhir sebelum saya ninggalin loket saya sampein kalo saya udah bayar tambahan sekian rupiah untuk dapat notifikasi dan itu ngga ada. Bahkan email pun ngga ada. Saya ngga perlu uangnya balik, tapi mereka ngga bisa anggep lalu hal penting seperti itu. Orang berhak dapat hal yang sudah dibayar.

Visa single entry sudah duduk manis. Tinggal siap-siapnya yang bikin meringis.

Selamat liburan!

 

Review Lain tentang Tokyo trip :

Japan Airlines to Tokyo with Toddler

Prayer Rooms in Tokyo

Eating in Tokyo

Airport Transfer Ramah Koper (Paris, London, Tokyo)

Author:

Pas special, J'ai seulement besoin de beaucoup de privee

2 thoughts on “Mengurus Visa Jepang 2018 Single Entry di VFS JVAC

    1. Halo. Seharusnya pakai ya. Bisa tetap dicantumkan aja sebaiknya. Atau kalopun ngga disertakan, tetap buat dan dikonfirmasi pada saat pengecekan dokumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s