Posted in Review

Lima Menit Perpanjangan STNK Mobil di Samsat Drive Thru

Selama beberapa tahun urus perpanjangan STNK mobil sendiri, saya selalu pake cara ‘lama’ yaitu ambil formulir ke informasi, isi, ambil nomor antrian, menyerahkan dokumen ke loket lalu antri dipanggil oleh masing-masing loket sampai selesai. Kalo lagi beruntung satu jam selesai. Kalo lagi rame banget bisa sampai 1,5-2 jam.

Berawal dari dua tahun lalu, karena antriannya rame banget dan saya ada urusan lain, saya terpaksa pulang dan akan balik besoknya lebih pagi. Waktu mau keluar, saya liat papan tanda DRIVE THRU. Awalnya ragu-ragu karena saya ngga ngerti, cuma karena penasaran akhirnya saya masuk dan parkir mobil dekat loketnya. Turun dan pergi ke loketnya nyerahin dokumen.

Petugas yang ada di loket langsung bilang,

“Bisa baca papannya?” katanya sambil nunjuk ke papan atas persyaratan dokumen untuk perpanjang STNK Drive Thru.

“Iya pak, udah bawa semua dokumennya,”. Saya jawab.

“Baca lagi yang bener,”

Saya mulai keringet dingin. Udah baca berapa kali dan saya ngga liat apa yang salah. KTP asli, STNK lama asli dan fotokopi, BPKB asli juga bawa. Karena beneran ngga ngerti apa yang salah saya tanya lagi,

“Pak, saya ngga ngerti karena belum pernah. Bisa dijelaskan apa?”

“Bawa mobilnya ke sini, mbak!”.

Saya sempet makin bingung. Kadang kalo lagi panik kebodohan emang naik drastis. Ngeliat saya diem, petugasnya ntah kesian entah gemes,

“Mbak bayar dari dalem mobilnya. Jadi, puter lagi antri sekalian mobilnya kesini,”

Ah, ya ampun. Ga pernah jajan drive thru sih emang. Beneran.

Akhirnya langsung saya masuk mobil, muter lagi dan masuk ke dalam antrian drive thru dan di depan loket buka kaca dan menyerahkan dokumennya : KTP Asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi, fotokopi BPKB (aslinya bawa aja jaga-jaga minta ditunjukan).

Satu yang harus diperhatikan adalah untuk samsat drive thru ini TIDAK BISA DIWAKILKAN. Harus yang punya mobil beserta mobil yang akan diperpanjang STNKnya harus hadir di depan loket.

Seingat saya petugasnya sempat bilang, bisa diwakilkan asalkan membawa mobil yang tertera di STNK dan yang mewakilkan punya alamat KTP yang sama dengan yang punya mobil.

Saya biasanya langsung urus sekalian punya ayah saya, dan sempat tanya bisa ngga punya ayah saya sekalian dan dijawab ngga bisa karena mobil ayah saya tidak ada. Jadi, saya kembali ke Samsat besoknya bersama ayah saya dan mobilnya.

Setelah menyerahkan dokumen ke loket, mobil maju sedikit ke loket kasir untuk pembayaran. Setelah bayar, petugasnya langsung memberikan STNK baru dan selesai semua. Kalo ngga ada antrian bahkan bisa kurang dari lima menit dan seringnya hampir ngga ada antrian ya.

Kemudahan-kemudahan pelayanan publik seperti ini sangat menyenangkan. Efektif dan efisien. Semoga semakin banyak yang bisa seperti ini ya.

Author:

Pas special, J'ai seulement besoin de beaucoup de privee

One thought on “Lima Menit Perpanjangan STNK Mobil di Samsat Drive Thru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s