Posted in Places, Review

Tiga Hotel untuk Keluarga

Tahun ini alhamdulillah sekali banyak dikasih kesempatan untuk libur kecil-kecil yang didapatkan karena Pak Dokter ada acara seminar atau raker dan mengizinkan buat bawa keluarga.

Tiga hotel ramah anak yang dicoba tahun ini dua karena Pak Dokter seminar, satu sebagai hadiah ulang tahun buat berdua. Kita hampir ngga pernah kasih kado dan kebetulan ultah cuma beda lima hari sekalian buat ultah Langit yang beda sebulan. Buat Langit tentu ada kado barangnya. Kita ngga sepelit itu juga kok😁. Satu hotel di Surabaya, satu di Jakarta, dan yang terakhir dimana tulisan ini dibuat yaitu di Bogor.

1. JW Marriot Surabaya

Sepanjang tahun nginep di beberapa hotel, ini juaranya (dari belakang ada yang nyelutuk “ya iyalahh, Marriot kali”). Dapet kesempatan buat nginep di sini karena Pak Dokter dikirim seminar dari tempat WKDSnya karena dokter yang ditunjuk berhalangan jadi diminta gantiin. Waktu itu baru sebulan WKDS dan ketika tau dikirim ke Surabaya, setelah berdebat panjang lebar dengan hati nurani dan tabungan karena baru bulan lalu musti ngeluarin buat ke Batu Licin dan bulan depannya ada tiket mudik, dibeli lah dua tiket ke Surabaya. Ternyata, uang tiket yang dikeluarkan benar-benar sebanding apa yang didapat di Surabaya.

Hotelnya terletak di pusat kota, sepuluh menit jalan kaki ke Tunjungan Plaza. Kamar yang didapat sangat luas dengan satu tempat tidur King, kamar mandi bathtub dan shower, viewnya pool dan kolam. Kalo malam bagus sekali liat Surabaya bercahaya dari balik jendela. Kolam renangnya luas bersih, stafnya semua otomatis menyapa dengan ramah.

Salah satu yang buat kami sangat impresif dan akhirnya jadi tolak ukur money worth hotel-hotel berikutnya yang kita datengin adalah sarapannya. Sarapan di JW Marriot Surabaya itu salah satu yang paling menyenangkan dan mengenyangkan. Pilihannya bukan sekedar banyak, tapi juga super enak. Masakan Indonesia, western, japanese, pastry, salad, buah, roti, sereal, donat, bahkan es krim! Iya, es krim di sarapan dan es krimnya enak. Bukan cuma Langit yang hepi.

Tiga hari nginep disana, kita bener-bener keluar dari restoran dengan senyum lebar. Saya ngga melewatkan sushi dan tempura tiap pagi. Biarpun bukan yang wah sushinya, tapi saya seneng makannya. Makanan buffetnya enak, donat dan pastry juga enak, es krim alpukat dan vanillanya bikin pengen nambah, dan restorannya pun cozy sekali. Ada area di luar yang tertutup tapi bisa sambil nikmatin matahari pagi. Masih di area sarapan yang di luar ada tangga menuju lantai dua yang ternyata adalah playground indoor buat anak.

Playgroundnya cukup luas, mainan cukup banyak dan mereka taro beberapa macam snack seperti jelly, permen,coklat kecil dan lolipop yang boleh diambil gratis. Tiap pagi abis sarapan Langit main di atas dulu sambil naro snack yang tersedia di tas buat bekal jalan kaki sama mama.

Saya ngga tau seperti apa yang di Jakarta karena letaknya di pusat bisnis, Marriot Surabaya ini juga banyak dipakai oleh pertemuan-pertemuan nasional dan internasional, tapi ambiencenya itu tetap friendly dan jauh dari kaku. Di antara orang-orang dengan batik dan jas, keluarga-keluarga kecil dengan anak-anak pun ada. Suasana restoran yang riuh tapi ngga rusuh. Semua pujian diberikan tanpa berlebihan buat hotel ini. Ketika dicek rate kamarnya dengan sarapan untuk semua hal yang kita dapet di hotel ini, harga yang tertera terasa murah.

Sedikit tambahan, ngunjungin Bali, Jogja, dan Solo tahun ini, tapi Surabaya yang paling berkesan. Kotanya bersihhh, trotoar lebar, ngga liat macet, makanan enak (selain hotel), naik becak keliling kota sama Langit abangnya baik, bangunan-bangunan tua yang terawat. Sepuluh dari sepuluh buat tiga hari di Surabaya.

Kalo ke Surabaya sangat mau nginep di hotel ini lagi!

2. Hotel Borobudur Jakarta

Hotel ini cukup familiar karena dulu sebelum nikah pun cukup sering staycation di sini sekeluarga. Sempet tiga kali yang semuanya cuma pilih room only tanpa sarapan. Mungkin karena berlima juga, jadi lumayan.

Karena dulu nginep di sini udah bukan anak-anak, jadinya ngga pernah tau kalo hotel ini punya banyak hal buat anak-anak. Bawa Langit ke sini karena hotel ini punya area playground outdoor yang luas dan banyak mainannya. Taman hijau yang luas dan mereka punya Rumah Kupu-Kupu. Kita pergi ke rumah Kupu-kupunya dan itu seperti penangkaran dari fase ulat, kepompong sampai jadi kupu-kupu.

Kolam renangnya olympic dengan tingkat kedalaman yang sangat beragam. Kamar tidur yang kita pilih twin bed yang ukurannya sebenernya kecil buat dua orang dewasa tapi cukup untuk dua anak kecil. Peralatan standar semua ada dan dengan bathub. Kenapa bathtub sering saya sebut karena Langit suka bener main busa di bathtub. Jadi hotel dengan kamar mandi bathtub punya poin plus.

Sarapan. Nah,sulitnya adalah abis kenal sarapan di Marriot, standar sarapan hotel bintang empat atau lima jadinya mengacu ke sana😂. Jadi waktu sarapan di Borobudur kesannya ya kok biasa ya. Pilihannya cukup tapi ngga banyak, rasa ngga semuanya enak, buat kita. Dan kita ngga ngabisin waktu lama juga.

Highlight nginep semalem di Borobudur itu ada di sebrang hotelnya dan di jalan Sabang. Di sebrang hotel, ada Lapangan Banteng yang sekarang udah bagusss banget. Bersih. Area playgroundnya luas, mainan banyak dan baru, alasnya bawah karet dan di sebelahnya ada lapangan bola dan lapangan basket. Selasa pagi di sana dosis ramenya pas banget. Langit bawa kick bikenya. Di bagian lain ada playground dengan tema hutan. Kecil tapi ya oke. Hampir ngga yang main di sana.

3. R Hotel Rancamaya, Bogor.

Hotel sekaligus liburan terakhir di tahun ini, alhamdulillah. Setelah Borobudur, ekspektasi agak diturunkan supaya ngga ngerasa kaya Marriot ke Borobudur, hehehe. Emang bener sumber kekecewaan itu ekspektasi yang berlebihan, ternyata pas diturunin kenyataannya lebih menyenangkan.

R Hotel sangat menyenangkan. Karena jauh kemana-mana jadi memang full nghabisin waktu di hotel. Luas, hijau, bersih,banyak kegiatan buat anak seperti kasih makan rusa, ikan, kelinci, keliling naik kuda poni, sewa otopet, ATV, playgroundnya pun bagus. Ada Kids Club juga tapi ngga kesana. Kolam renang luas dan banyak. Kids pool terpisah di dua tempat. Area hijaunya juga enak buat jalan atau lari pagi.

Kamar yang kita dapet sepertinya yang paling bawah mengingat kastanya juga masih paling bawah(😄), tapi buat kita yang cuma bertiga enak. Tempat tidur twinnya lebih luas dari Borobudur. Pas buat dua orang dan ada sofa dekat jendela yang cukup nyaman buat tidur juga. Jadi kalo buat keluarga lima orang masih oke. Ada balkon kecil juga yang menghadap ke taman. Kamar mandi shower tanpa bathtub. Peralatan lain lengkap.

Baru kali ini sepertinya nginep yang makan tiga kali di hotel karena memang udah dibayarin semua juga selain jauh kemana-mana. Sebagai tolak ukur hotel paling penting untuk kita, hotel ini lulus soal makanan. Dari lima kali makan (pagi, siang, malam), hampir semuanya enak. Makanan Indonesia, roti, donat, kue, pasta, steak, dan masih banyak lagi. Variasinya beneran banyak dan menarik. Pas makan malam hari Sabtu ada sekoteng, asinan, cendol, soto mie, kebab, dan masih banyak lagi. Rugi sebenenrnya bayarin tipe kaya keluarga saya. Pasnya yang kuat nyoba semua. Karena emang menarik pilihan menunya dan rasanya ngga mengecewakan.

Dibanding Novotel Bogor yang sama-sama jauh buat cari makan di luar, jelas lebih oke R Hotel. Memang secara harga lebih mahal, tapi value for money pun lebih baik.

Buat kita, hotel ramah anak bisa bener-bener dinikmatin kalo bukan pas liburan sekolah. Terlalu banyak anak udah ngga nyaman. Berisik dan chaos. Kebetulan waktu rakernya ini pas banget. Akhir tahun tapi belum waktunya liburan. Jumlah anak-anak yang ada masih tolerable. Jalan menuju ke sini juga ngga macet. Suasana restoran, kolam renang, playgroundnya pun bisa dinikmati dengan baik. Saya yakin review tentang hotel ini bisa beda banget kalo ke sini lebih akhir tahun lagi😁.

Review lengkap dan foto bagus jelas bisa cari di masing-masing website hotelnya. Tapi, semoga sedikit insight disini bisa membantu.

Selamat liburan!

Author:

Pas special, J'ai seulement besoin de beaucoup de privee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s