Posted in Places, Travel

LBJ Trip : Manta, Komodo, dan Senja di Hari Kedua

Kalo dihitung dari tripnya ini adalah hari ketiga, tapi jika dihitung dari Live on Board itinerary ini adalah hari kedua.

Hari pertama dihabiskan dengan santai dan menyenangkan buat yang suka cari aman kaya saya. Tracking sedang, snorkeling ringan and menyenangkan dan sibuk foto sana sini. Apalagi pas langit senja.

Hari kedua dimulai dengan sedikit perubahan itinerary. Tadinya kami akan ke Pulau Padar dan Kanawa tapi karena ada sedikit masalah dengan kapalnya, maka itinerary hari kedua disimpan buat hari ketiga.

Tujuan pertama adalah Manta Point. Di kepala saya ini seperti nonton pertunjukkan lumba-lumba dari atas kapal, cuma bedanya ini manta. Ternyata, maksudnya adalah snorkeling di daerah rumah manta. Saya pikir, snorkeling biasa seperti kemarin, asik lah santai, ternyata lagi, kali ini di tengah laut dengan ombak yang cukup kuat dimana saya ngga bisa liat daratan dan penampakan kapal kami. Sepanjang snorkeling cuma pengen satu hal : cepet selesai.

Di tengah laut dengan ombak yang lumayan kuat, berenang pun berat, betul-betul minta dalam hati semoga semua aman. Alhamdulillah, sebuah keluarga manta dengan anggota tiga orang datang nemenin berenang beberapa waktu. Paling ngga rasa cemas dan khawatirnya dibayar lunas. Langit tetep hepi seperti biasa karena dia pikir ya ini kaya berenang biasa sambil ketemu ikan. Jadi orang dewasa emang banyak takutnya ya.

Dari Manta Point, kita menuju Taka Makasar. Ngga ada apa2 disini selain ini adalah hamparan pasir di tengah laut. Jadi cuma main pasir sebentar sambil basah2in kaki. Tapi, tetep cantiknya di atas rata-rata.

Setelah dua destinasi ini harusnya dari rute ke Pink Beach dulu, tapi kita minta Taman Nasional Komodo dulu karena ya biar ga siang bolong ke pantai lagi. Keuntungan dari privat trip yang bisa ubah itineraty senyaman mungkin. Setelah makan siang, kita lanjut ke Pulau Komodo. Lagi-lagi, ekspektasi saya rendah. Ketemu ya udah ngga ketemu alhamdulillah. Saya cukup seneng bisa liat kaya apa tempat tinggalnya, cantiknya pemandangam gunung dan lautnya, ketemu penghuninya bonus aja.

Jalan di hutan liar kami pilih medium track. Menurut rangernya, kemungkinan ketemu komodo cukup kecil dan kita berkali2 bilang ngga apa2. Cuma ranger2nya ini seperti merasa bersalah kalo kita udah sampe sini tapi ngga berhasil ketemu. Sampe mereka split jalan supaya kalo yang satu nemu di track lain bisa ngabarin.

Keliling hutan liat yang sempet diliat itu babi hutan, ayam dan rusa. Sampe di jalan pulang, eh ternyata rejekinya ada. Satu ekor komodo lagi jalan-jalan sore. Ukurannya sedang aja atau mungkin kecil ya kalo dibandingkan yang lain. Komodo yang lebih besar bisa ditemui Pulau Rinca yang mana kami ngga ambil ke sana.

Sementara rangernya terlihat bersemangat dan seneng sekali karena akhirnya ketemu, saya terutama lebih milih hati-hati karena ya tetep aja itu binatang makan daging, bukan? Sampe-sampe rangernya keliatan gemes banget karena saya ragu-ragu banget deket2 sementara dia malah sibu nyuruh maju dan bilang, ” lebih dekat lagi,bu!”.

Foto jarak dekat sama komodo bisa dicoret.

Di Pink Beach, saya ngga berenang karena badan sakit semua abis berenang pagi. Ternyata sayang ga sayang, karena Pink Beach ini ternyata asik. Dangkal, bersih, koral udah keliatan dari dekat. Tapi kalo inget badan remuk, ya udah ga papa ngga berenang. Pasir pinknya pun cantik sekali. Labuan Bajo ini cantiknya emang di atas rata-rata.

Selesai dari Pink Beach kami berlayar lagi sampe ke dekat kampung komodo dan bermalam di sana. Buang jangkar maksudnya. Tetap tidur di kapal.

Kalo tadi saya bilang Labuan Bajo cantiknya di atas rata-rata, setelah liat sunset hari ini kayanya di atas rata-rata terlalu rendah. Dari seluruh tempat, sunset hari kedua ini juaranya.

Author:

Pas special, J'ai seulement besoin de beaucoup de privee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s