Posted in Travel

Naik Garuda Lewat Terminal Tiga (Domestik&Internasional)

Setelah 19 tahun lebih tidak menggunakan Garuda, baru di tahun ini ada kesempatan lagi naik Garuda. Alasannya pas naik tahun 2000 trauma. Selain turbulensi parah, landing take offnya ngga enak, pelayanan juga ngga segitu impresifnya

Kembalinya ke Garuda ini jelas ada pemicu yang kuat, tiket murah ke tujuan yang bukan krusial. Paling ngga buat saya. Tiket ke Bajo dan Korea semua didapat ketika GoTF 2018. Satu kerja sama dengan CIMB, satunya dengan BNI. Dua-duanya harganya cukup oke jika dibandingkan dengan maskapai lain. Ke Bajo bisa naik Lion, Batik atau Citilink, naik Garuda jelas lebih enak. Apalagi dengan harga GoTF kemarin.

Buat Seoul, sebenarnya tiket sudah beberapa kali dicari. Dulu pernah liat SQ yang menurut saya buat level SQ oke banget, cuma sayang buat ukuran jarak 7 jam penerbangan musti transit segala. Makanya ngga dibeli. Setelahnya beberapa kali pernah cek harga dengan maskapai lain lebih rendah, tapi tetap ngga dibeli juga dengan alesan yang sama, pakai transit. Kalo dulu masih suka nawar dengan harga sebagai kompromi, abis ngerasain pas ke UK dengan 2 kali transit yang melelahkan, kalo jarak pendek seperti Asia Timur dan Australia, udah paling bener adalah cari yang penerbangan langsung (dan murah tentunya).

Sebenarnya murah mahal itu tergantung value for money ya. Dengan harga yang sama, naik satu maskapai biss berarti mahal atau murah. Dan untuk tau mahal atau murah juga perlu tau berapa harga standarnya. Untuk Seoul, Garuda ini dengan harga yang saya dapat dan apa yang saya terima, udah cukup oke.

Terminal 3 domestik secara aura lebih humble dibanding internasional. Hal yang jelas sama adalah dua duanya perlu cukup waktu untuk jalan antara setelah cek in bagasi (dan imigrasi) ke gate yang ditentukan. Ada sih mobil, tapi tetap harus nunggu dan antri juga. Jadi, kalo pesawatnya berangkat dari terminal 3, jangan pernah dateng mepet. Pelan-pelan semua penerbangan internasional akan berangkat dari terminal 3 katanya.

Antara sedih dan senang karena saya suka simplenya terminal dua. Hawa tua dan sederhananya. Cuma memang begitu dibandingkan sama terminal 3, dia jadi terlihat lusuh, hehehe. Di satu sisi juga senang karena ya ini seharusnya wajah bandara utama dari ibukota Negara. Belum sekeren Changi, tapi setidaknya bisa dibandingkan dengan KLIA. Akhirnya.

Tenants di terminal intermasionalnya pun cukup oke buat saya. Setelah imigrasi akan ketemu sama Bally, Aigner, Longchamp, TUMI, cukup oke dan masih ada ruang buat peningkatan. Satu-satunya memang masalah jarak antar gate ke gate yang bisa dianggap sebagai olahraga. Apalagi kalo dateng mepet dan ngga delay. Selamat menikmati.

Waktu ke Seoul, kami dapat di gate 1 yang berarti adalah gate paling ujung sekali. Sebelummya kami sempet nunggu di lounge dulu yang ada gate 7. Kalo di terminal 2 antara gate 1-5 cuma perlu waktu 10 menit maksimal dengan kecepatan jalan normal, dari gate 7 ke 1 di terminal 3 perlu waktu hampir 2,5 kali lipatnya. Dan perubahan aura itu terjadi setelah gate, saya lupa antara 6 ke 5 atai 4 ke 3 ya.

Dibandingkan gate 10 sampai 6 (atau 3), aura gate 1 dan 2 kembali sederhana dibandingkan gate angka besar. Dari aura luxurious begitu masuk ke gate 1 dan 2 auranya jadi kaya low cost yang rapi dan sederhana. Aura high endnya berubah drastis.

Oya, di area keberangkatan yang internasional ada stroller yang bisa disewa dan dipakai sampe gate keberangkatan. Waktu itu saya pinjam sebelum gate 7 di informasi. Bisa langsung pake ngga perlu apa-apa. Playground anak yang bagus ada di gate 8 dan ada lagi yang lebih sederhana di gate 6. Lumayan buat nunggu.

Sedikit informasi ini semoga bisa membantu kalo ada yang sedang cari tahu😊

Author:

Pas special, J'ai seulement besoin de beaucoup de privee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s