Posted in Travel, Visa

(Frustasinya) Mengurus Visa UK Tier 5 Government Exchange (PBS Partner+Child)

Sepertinya Inggris punya jodoh yang panjang dengan kami. Terutama London. Saya, setelah pertama kali ke sana tahun 1994 selama tiga hari, kembali tahun 2017 selama seminggu, tahun ini dikasih rejeki lagi untuk kembali. Kali ini selama setahun.

Pak Dokter yang dua tahun lalu ke London buat nengok adik saya yang lagi S2 di sana, tahun ini dapet rezeki buat kembali ke London dan bekerja di rumah sakit universitas yang sama dengan adik saya.

Perjalanan menuju London kali ini agak berbeda. Proses yang panjang, materi yang tidak sedikit, dan sesi menunggu yang terus menerus. Setelah dua tahun lalu Pusing urus visa turis, kali ini London bukan lagi sebagai destinasi wisata, tapi rumah untuk setahun ke depan dan sekarang visa yang harus diurus adalah visa tier 5.

Visa tier 5 bukan visa yang umum buat diurus. Ngga satupun saya ketemu entry tentang ini. UK punya banyak sekali tipe visa. Selain visa turis, ada yang populer juga visa tier 4 buat yang mau sekolah. Ini sudah banyak sekali yang nulis. Visa Tier 5 termasuk ke dalam visa kerja dan ini sendiri punya beberapa kategori. Dalam hal ini, yang kami urus adalah Tier 5 Government Exchange.

Ini adalah visa untuk kerja yang mana sponsornya adalah salah satu lembaga pemerintah Inggris. Berhubung Pak dokter ya dokter, lembaga yang mensponsori adalah General Medical Council. Saya ngga akan menjelaskan proses panjang yang dilewati sampai akhirnya bisa tembus birokrasi Inggris yang subhanallah ribet dan mahalnya, tapi saya cuma akan nulis tentang mengurus visa tier 5 Government Exchange yang ngga kalah ribet, menguji kesabaran dan mahal. Saya ngga tahan buat mengulang kata mahal berkali-kali.

Website pengurusan visa UK sekarang pindah ke visas-immigration.service.gov.uk. Berlaku buat semua jenis visa. Setelah masuk kita bisa ikutin aja sampai nanti ada pilihan jenis visa apa yang akan kita apply.

Visa tier 5 ini tidak bisa diurus dalam satu aplikasi seperti terakhir kali saya mengurus visa turis. Jadi, kami mengurus 3 visa terpisah yang berhubungan, dalam tiga akun yang terpisah :

  1. Pak Dokter mengurus visa tier 5 Government Exchange.
  2. Saya di kategori PBS (point based system) tier 5 Dependant Partner Visa.
  3. Langit PBS tier 5 dependant child visa.

Tiga aplikasi ini kurang lebih sama untuk daftar pertanyaannya. Lebih jelas dan bagus juga tampilan webnya dibanding yang lama. Setelah pertanyaan standar yang berlaku juga buat turis selesai diisi, karena ini visa kerja dan tinggal, kami harus mencantumkan lokasi pengambilan Biometric Residence Permit (BRP).

BRP diambil sesampainya di kota tujuan di kantor pos terdekat. Kita cuma perlu input kode pos tempat tinggal kita selama di sana. Karena belum ada tempat tinggal, kita bisa masukan kodepos penginapan. Nanti akan muncul alamat kantor post terdekat untuk pengambilan BRP ini.

Setelah sesi ini, kita akan langsung diarahkan ke website Immigration Health Surcharge buat bayar asuransi kesehatan. Isi kembali beberapa data standar lalu secara otomatis akan keluar berapa biaya yang harus dibayarkan.

Sebelumny, kami sudah baca perkiraan biaya yang dibayarkan. Tapi, kenyataanya, jumlah yang harus dibayarkan jauuhhhhh LEBIH BESAR dari yang tercantum di guidelines. Punya pak dokter sedikit lebih besar, punya saya dan langit 2x lebih mahal dari pak dokter.

Kami sudah sempat membayar dulu punya Pak Dokter karena berpikir bedanya hanya sedikit dan berasumsi mungkin ada kenaikan. Biarpun hati berat, punya saya pun sudah dibayar, dengan berasumsi ini sekalian Langit. Tapi, ketika masuk ke aplikasi Langit dan ternyata harus bayar jumlah yang sama seperti yang saya bayar, barulah kita berinisiatif untuk kirim email dan menanyakan hal ini.

Update : sampai di sini, kami mengirim email lagi perihal mahalnya asuransi ini. Ditunjukan bukti pembayaran dan bukti ketentuan jumlah yang seharusnya dibayarkan, dan setelah 2 minggu, kelebihan pembayaran kami dikembalikan. Fair ya. Jadi, kalau dirasa memang ada yang ngga sesuai, boleh banget ditanyakan.

Jangan salah, untuk pertanyaan via email ini juga ada biaya. Visa UK ini mengeksploitasi semua hal terkecil. Buat satu email, kami harus membayar lagi £5.48. Bener-bener.

Email dijanjikan akan direspon dalam dua hari kerja. Jika tidak ada respon kita disuruh telpon langsung. Absurd. Tapi, dalam 2 hari sudah dijawab yang mana jawabannya pun ngga terlalu membantu. Jawaban standar CS aja. Pada akhirnya kami tetap harus bayar harga asuransi kesehatan yang muncul otomatis di layar, kalo mau aplikasi visanya dilanjutkan. Kalo ngga, ya udah. Semua prosesnya tidak bisa paralel, harus selesai di satu hal baru lanjut ke step berikutnya.

Selesai dengan asuransi kesehatan, akan diarahkan kembali ke website visa. Kali ini untuk bayar visa itu sendiri. Dikasih dua piihan yang standar atau yang ekspress. Standar selesai diproses dalam 15 hari kerja, ekspress dalam 5 hari kerja dengan biaya dua kali lipatnya. Kami tetap pilih yang standar biarpun secara waktu ketat sekali kalo hitung 15 hari kerja.

Selesai pembayaran, seluruh aplikasi sudah lengkap dan bisa diunduh untuk kemudian dicetak dan dibawa pada saat perjanjian. Tapi, tunggu dulu. Masih ada drama-drama selanjutnya.

Aplikasi visa beres kita diarahkan ke website VFS untuk upload dokumen dan perjanjian. Ada tujuh step yang mana tahap 1-4 masih lancar. Di tahap 4 dijembreng servis-servis yang ditawarkan untuk membuat pengurusan visa lebih menyenangkan dengan membayar sejumlah uang. Kami skip semua. Di tahap 5 ada sesi document upload. Di sini mereka kasih pilihan lagi, bisa upload sendiri gratis atau pakai upload servis berbayar mereka.

Ini pentingnya punya semua dokumen penting yang tersimpan di dalam komputer atau apapun itu. Karena semua dokumen sudah ada, kami jelas pilih upload sendiri. Gampang kan mustinya selama semua tersedia? You wish.

Berkali-kali coba upload semua dokumen dari awal sampai akhir, setelah nunggu lama berakhir dengan Ooops Something Went Wrong. Try again later. Akhirnya setelah dua jam ngga berhasil, nyerah. Lanjut besok pagi lagi. Mungkin lagi penuh juga antriannya.

Sebelum subuh udah kembali duduk di depan laptop dan coba lagi. Masih gagal juga sampai akhirnya pak dokter nemu cara dan berhasil, pas upload di bagian aplikasi saya.

Jadi, pada saat upload dokumen, MASING-MASING HARUS DIUPLOAD SATU PERSATU, bukan sekaligus. Ini berlaku buat visa turis juga. Karena ini sudah di website VFS untuk appointment. Sebelumnya sudah ada yang bilang juga bahwa sekarang dokumen visa UK turis harus diupload di website VFS.

Misal kita upload dokumen bukti finansial, jadi kita upload dulu, kemudian ke bawah untuk centang box ‘I have read bla bla’ lalu klik upload. Tunggu beberapa saat kalo dokumennya berhasil diupload, ada tulisan successfully upload dan di bagian samping akan muncul list dengan nama dokumen tersebut. Ulang proses tersebut untuk dokumen-dokumen selanjutnya sampai semua lengkap.

Setelah semua selesai, bisa pilih continue untuk booking tanggal appointment. Di sini kembali kita dipaksa untuk membayar sesuatu yang seharusnya menurut saya gratis. Slot standard appointment yang gratis sudah penuh sampai 10 hari ke depan dari tanggal saat itu. Slot yang tersisa hanya yang premium lounge, premium servis, atau premium servis di prime time. Ckckckckck. Tobat.

Kecuali uang bukan masalah, sangat disarankan mengurus visa UK, apapun jenisnya sesegera mungkin. Sudah bisa mulai diurus 90 hari dari tanggal keberangkatan.

Kami ngga punya pilihan dan bukan kemauan sendiri juga buat urus mepet-mepet. Karena visa tier 5 ini panjang sekali prosesnya dan perlu nunggu berbagai dokumen dari berbagai institusi yang berhubungan untuk urus visa, belum tiba-tiba ada dokumen yang ngga sesuai dsb, ini sudah yang tercepat yang bisa diusahakan.

Akhirnya pilih tambahan servis paling murah di tanggal tercepat dan waktu paling pagi yang tersedia. Berkali-kali saya rapal doa dalam hati, semoga semuanya berkah. Takut kalo hitung semua yang sudah dikeluarkan dan niat ngga lurus sehingga ngga jadi apa-apa.

Dokumen sudah diupload, tanggal sudah dibooking, tinggal tahap ke tujuh yang terakhir buat bayar. Tapi, kesabaran masih diperlukan ternyata. Berkali-kali teken confirm payment ngga bisa-bisa. Logout dan masuk lagi, diarahkan ke tahap dua dan jalanin lagi sampe tahap tujuh, box confirm paymentnya ngga juga bisa. Betul-betul bikin frustasi.

Switch ke aplikasi pak dokter yang tadinya upload dokumen masih terus ngga bisa, tapi di satu titik tiba-tiba bisa dan berhasil semua diupload, sampai pilih tanggal dan mau bayar, box konfirmasi pembayaran tetep ngga bisa diteken. Entah mau apalagi ini.

Nyerah dengan aplikasi saya dan pak dokter, saya pindah ke aplikasi Langit yang masih dalam tahap bayar asuransi. Kalo kemarin-kemarin masih banyak pertimbangan sama bayar ini itu, di aplikasi Langit ini saya ngga mau berenti selagi masih bisa. Saya semakin belajar kalo yang lebih berharga itu waktu dan kesempatan bukan uang. (Halah).

Selesai bayar asuransi super mahal, balik ke aplikasi buat bayar visa, berhasil, lanjut ke webiste VFS buat upload dokumen, berhasil dalam sekali coba, lanjut ke booking appointment, tanpa ragu bayar yang paling murah, pesen paling pagi di tanggal paling deket, klik konfirmasi pembayaran, BERHASIL, lanjut terus sampai akhirnya bukti pembayaran dikirim ke email dan berakhir pula seluruh rangkaian proses njelimet ini. Aplikasi langit yang tadinya masih jauh dari komplit, tiba-tiba jadi yang pertama selesai semua. Mungkin karena anak kecil belum banyak dosa?

Dalam satu tarikan nafas, tiga kali pembayaran dibuat. Saya yakin limit kartu kredit Pak Dokter akan diberi kenaikan drastis bulan depan .

Keberhasilan di aplikasi Langit buat saya penasaran. Saya coba lagi punya saya, beberapa kali tetap ngga berhasil. Box konfirmasi pembayaran tetap ngga bisa diklik. Saya logout buat seratus kalinya dan pindah ke aplikasi Pak dokter. Waktu di halaman konfirmasi pembayaran, saya coba klik lagi di bagian servis yang diambil. Hal ini akan membawa kita kembali ke tahap kedua. Saya coba ikuti terus tanpa ada penambahan apa-apa seperti semula dan waktu sampe di halaman konfirmasi pembayaran lagi, saya teken boxnya dan akhirnya, keluar lah halaman selanjutnya buat input kartu pembayaran. Sisanya semua berhasil sampai bukti pembayaran diamankan.

Tinggal punya saya yang belum.

Saya coba sekali lagi pakai cara yang sebelumnya tetap ngga berhasil. Kedua kali saya coba cara yang saya pakai di aplikasi Pak Dokter. Saya ngga ngerti ini kebetulan atau gimana, tapi ternyata berhasil juga.

Jadi, kalo waktu konfirmasi pembayaran kotaknya ngga bisa diceklis, coba klik kotak kecil yang dekat daftar servis. Dengan menekan ini, akan dibawa kembali tahap pemilihan servis tambahan. Ikuti terus aja sampai balik ke konfirmasi pembayaran, klik kotaknya. Voila.

Sekian dulu. Bagian kedua akan diadakan setelah aplikasi diserahkan dan visa dikabulkan. Amiin.

Author:

Pas special, J'ai seulement besoin de beaucoup de privee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s