Posted in Travel, Visa

(Frustasinya) Menunggu Visa UK Tier 5 Government Exchange (PBS Partner+Child) Bagian II

Lanjut dari bagian pertama

Kalo sebelumnya mengurus. Sekarang bagian keduanya yang sama menyiksa.

Setelah drama aplikasi online yang melelahkan, ternyata masih banyak episode-episode baru dalam mengurus visa kali ini.

Tanggal perjanjian sudah dipesan, ambil yang premium lounge, karena yang slot standar tersedia jauh sekali dari tanggal kita isi aplikasi onlinenya. Saya masih berpendapat ngga perlu ambil servis prioritas dengan menghitung dan asumsi waktunya masih cukup. Dijelaskan di website maksimal waktu proses 15 hari kerja. Saya memakai asumsi, biasanya jarang sekali yang sampai 15 hari kerja, bayangannya kaya visa turis waktu itu. Sekitar 7-8 hari kerja sudah keluar. Sedikit nekat karena kalo hitung 15 hari kerja itu, persis di tanggal kita berangkat. Tapi, bayar lagi sekian belas juta juga ngga terdengar menyenangkan.

Di hari perjanjian, kita masuk ke premium lounge yang ada ruang tersendiri. Tempat duduk di ruang tunggunya pake sofa, ada meja di depannya yang tersedia air mineral botol dan cemilan biskuit dan coklat. Boleh dimakan dan diminum sambil nunggu. Kalo yang standar counternya ada delapan, yang premium hanya dua.

Proses dan waktu tunggunya cukup cepat, tapi, perdebatan setelahnya yang cukup lama. Sementara saya masih bersikeras tetap di visa standar, Pak Dokter bersikeras buat bayar servis prioritas yang menjanjikan visa selesai dalam 5 hari kerja. Pada akhirnya, emang yang paling mahal itu waktu (dan belakangan, ketenangan jiwa). Dibayar juga harga servis prioritas sebelum kami dipanggil untuk biometric. Ruang biometric buat premium lounge ternyata juga terpisah dari yang standar. Jadi ngga perlu keluar dari lounge tersebut.

Setelah semua selesai, pulanglah dengan hati setengah ringan. Berat sebelah karena pada akhirnya visa UK ini benar-benar memeras seluruh energi dan dompet.

Saya pernah bikin rencana dalam hati, begitu visa diproses, akan mulai packing. Dulu mau pergi tujuh hari aja, udah packing dari dua bulan sebelumnya. Ini mau pergi setaun, bukan sekedar jalan-jalan, tapi juga pindah tempat tinggal, kurang dari sebulan sama sekali belum ada yang dikerjain.

Tapi, rencana tinggal rencana. Dulu bisa packing dua bulan sebelumnya karena tau visanya sudah terjamin. Sekarang, mungkin perpaduan dari banyak hal. Visa belum pasti, tau ini bukan sekedar jalan tujuh hari, dan ngga tau kapan tanggal pasti tiket kembali bisa dibeli.

Visa disubmit hari Selasa. Hari Rabu dapat email kalo sudah dalam proses di decision making centre. Hari Kamis dapat email lagi khusus saya kalo ada dokumen yang sudah diupload tapi mungkin mereka ngga bisa buka dan harus dikirim ulang karena mereka ngga bisa bikin keputusan tanpa itu. Langsung saya kirim saat itu juga dengan perasaan lega karena tau ini harga yang dibayar beli servis prioritas.

Harapan saya hari Senin harusnya email yang mengabarkan visa selesai sudah ada. Tapi ternyata ngga ada. Waktu kita submit, petugasnya bilang, kalo ga ada email, 5 hari kerja tetep kesini aja. Biasanya udah ada.

Biarpun agak kurang valid, tapi kami tetap ke VFS dengan berpegang pada omongan petugasnya. Antri cukup lama dan bener aja, ternyata memang belum ada. Setelah minta dicek, petugasnya bilang cuma punya Pak Dokter yang udah ada statusnya, dalam pengiriman. Sedangkan punya saya dan Langit masih tanpa status.

Pulang dengan berat hati.

Besoknya email masuk ngabarin kalo punya Pak Dokter udah bisa diambil. Alhamdulillah dapet. Tapi, setelahnya hari jadi terasa panjang sekali. Tiap notifikasi email muncul, perasaan jadi ngga enak sendiri. Semua jenis email saya unsubscribe.

Kami ke VFS hari Selasa. Rabu punya Pak Dokter diambil. Kamis saya lewatkan dengan uring-uringan sambil beratus-ratus kali ngerefresh email. Jumat pagi berusaha menenangkan diri sambil terus berpikir apa yang buat punya saya dan Langit belum selesai.

Jumat setelah zuhur saya masih berpikir buat nunggu sampai Selasa dan melewatkan weekend dengan bertanya-tanya. Tapi, setelah ngga tahan nunggu, saya mutusin buat dateng dan minta info lebih. Ngga papa ngga ada, tapi harusnya udah lebih jelas sampe mana karena sudah 8 hari kerja.

Dalam perjalanan masih juga terus refresh email sambil terus minta sama yang punya segala urusan. Sampai VFS agak rame dan antrian pengambilan cukup panjang. Di kursi tunggu masih terus refresh email sambil dibacain. Ngebayangin lewatin weekend masih tanpa visa sedangkan waktu brangkat tinggal seminggu lagi, kayanya mau apa-apa serba salah.

Waktu liat di monitor antrian masih 18 nomer lagi, saya coba refresh email sekali lagi (ini padahal pake push mail juga, saking ga sabarnya), dan alhamdulillah, email yang sangat diharapkan AKHIRNYA muncul di inbox.

Baru bisa nafas lega.

Alhamdulillah punya Langit juga ada.

Alhamdulillah lagi dua-duanya sesuai harapan biarpun fotonya jauh sekali dari ekspektasi. Tapi, siapa peduli?

Jadi, sepertinya, kalau untuk visa yang long stay baik untuk kuliah atau kerja, meskipun kita bayar servis prioritas yang bilang 5 hari kerja visa selesai, ekspektasinya harus lebih diturunkan. Karena mungkin pertimbangannya lebih banyak, dokumen juga lebih ribet, dan sebagainya. Mungkin 8-10 hari cukup ideal. Sebenernya kalo dari awal jelas 8-10 hari kerja kaya visa standar, ngga akan jadi uring2an, tapi karena taunya 5 hari plus udah bayar lebih yang jumlahnya juga ngga sedikit, jadi sisa waktu tunggunya jadi tersiksa bener🙁.

Dengan distempelnya visa UK tier 5 ini, satu langkah besar sudah selesai. Tapi, perjalanan masih panjang (dan melelahkan). Semoga semua selalu dimudahkan, diberi kelancaran, dan akhirnya semua yang sudah dilewati dan dikeluarkan bisa bawa banyak keberkahan.

Amin.

Author:

Pas special, J'ai seulement besoin de beaucoup de privee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s